MAB-Indonesia:

Mensinergikan Konservasi Keanekaragaman Hayati, Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Budaya Nusantara untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia.!

Dukung kegiatan pengelolaan kawasan cagar biosfer di Indonesia:

• Create Account
You are here: Home Cagar Biosfer 11. Blambangan

Blambangan

Cagar Biosfer Blambangan

Usulan Cagar Biosfer Belambangan memiliki peran strategis dalam keanekaragaman hayati dan konservasi budaya. Ada 4 kawasan konservasi di cagar biosfer diajukan, 3 daerah adalah Taman Nasional (Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Baluran, dan Taman Nasional Meru Betiri) dan 1 Cagar Alam Kawah Ijen. Mereka kawasan konservasi akan menjadi kawasan inti cagar biosfer Belambangan diusulkan. Flora dan fauna di kawasan konservasi yang unik untuk Provinsi Jawa Timur. Penyampaian cagar biosfer Belambangan diusulkan akan memberikan manfaat besar bagi kawasan konservasi, masyarakat lokal, sektor provate dan ilmuwan. Konsep cagar biosfer akan dapat mendukung pengembangan sumber daya alam yang berkelanjutan untuk kepentingan ekonomi dalam jasa ekosistem tertentu, pengelolaan kawasan conservion dan pengembangan masyarakat.

Usulan Belambangan kontribusi cagar biosfer untuk konservasi lanskap, ekosistem, spesies dan variasi genetik adalah sebagai berikut:

Taman Nasional Alas Purwo

1.  Jenis Ekosistem dan Vegetasi

Taman Nasional Alas Purwo memiliki beberapa jenis ekosistem, seperti hutan pantai, mangrove dan hutan dataran rendah. Taman Nasional ini juga memiliki ekosistem karst yang utuh. Meskipun gersang dan kering, kawasan karst merupakan air penting milik melalui sungai bawah laut. Ada 732 tanaman spesies dari 120 keluarga yang tercatat di Taman Nasional ini (lihat lampiran), dan 214 spesies diidentifikasi sebagai tanaman obat. Verbenaceae dan Poaceae adalah keluarga dengan jumlah tertinggi spesies.

A. Dataran Rendah Forest

Dataran rendah hutan di Taman Nasional Alas Purwo didominasi dengan populasi Bambu. Di perbatasan Taman Nasional, bambu populasi bergaul dengan pantai vegetasi, sementara di tengah-tengah Taman Nasional, populasi bambu membuat hubungan dengan tanaman hutan dataran rendah lainnya.

Berdasarkan pada gambar Lansat pada tahun 2006, hutan bambu mencakup 7,496 Ha atau 17,26% dari total kawasan Taman Nasional. tutupan bambu hutan 3.570,44 Ha (20,75%) dan 3.838,96 Ha (15,5%) di zona perlindungan dan zona padang gurun, respectifely. Namun, pengamatan langsung yang dilakukan pada tahun 2011, hutan bambu mencakup lebih dari 50% dari wilayah taman nasional.

Pada 10 jenis bambu paling diidentifikasi di Taman Nasional ini, dua endemik Taman Nasional Alas Purwo iSpring manggong (Bambusa jacobsii) dan untuk Java bambu jalar (Dinochloa matmat). Spesies lain adalah: bambu Ampel (Bambusa vulgaris), bambu wuluh (Schizotrachyumiraten), bambu rampal (Schizotrachyum zollingeri), bambu apus (Gigantochloa apus), bambu Gesing (Bambusaspinosa), bambu jajang (Gigantochloahasskarliana), bambu jawa (Gigantochloa atter), dan bambu ori (Bambusa arundinacea).

Persediaan dilakukan di Blok Tanjung Sekebeng mencatat 99 jenis pohon, dan spesies dominan adalah malaman bergerigi (Drypetes serrata). Di lokasi lain, Blok Mangleng, 120 spesies dicatat. Spesies dominan adalah malaman (Drypetes longifolia). Dua spesies yang dilindungi di Indonesia (Peraturan Pemerintah no. 7, tahun 1999) dapat ditemukan di hutan dataran rendah ini, yang Sadeng (Livistona rotundifolia) dan padmosari (Rafflesia padma).

B. Coastal Forest

Hutan pantai di Taman Nasional Alas Purwo terletak sekitar 120 km lengtwise dari Cungur ke Sembulungan. Secara rinci, peregangan hutan pantai dari Cungur (Segara Anak) ke Plengkung 30 memanjang; Plengkung - Tanjung Slakah 50 km memanjang dan Tanjung Sembulungan - Tanjung Slakah 40 km memanjang. lapisan vegetasi di pantai Fores biasanya tipis, sekitar 10-200 m pedalaman. hutan pantai adalah ekosistem terbesar kedua setelah hutan dataran rendah.

Spesies tanaman dalam jenis hutan yang kecik sawo (Manilkara kauki), ketapang (Terminalia cattapa), nyamplung (Callophylum inophylum), bogem (Sonneratia alba), waru laut (Hibistus tiliaseus), Dan pandan laut (Pandanus tectorius). sawo kecik (Manilkara kauki) adalah spesies prioritas untuk pembangunan. Sepuluh tahun yang lalu, penduduknya berada di bawah tekanan karena penebangan liar oleh masyarakat setempat.

Baru-baru ini, sawo kecik (Manilkara kauki) penduduk dikhawatirkan menurun karena abrasi di wilayah pesisir antara Pancur ke Plengkung. spesies lain juga menghadapi beberapa memperlakukan. Misalnya, cangkring dadap (Erythrina sp.), Spesies pohon yang dikenal sebagai habitat burung, populasi pengalaman menurun karena terserang penyakit tanaman. Pada tahun 2005, cangkring dadap ditemukan pengeringan dan mati simultan. Sekarang, sangat sulit untuk menemukan spesies ini.

Sebuah penelitian dilakukan dengan menggunakan petak permanen untuk memahami perkembangan dan comunity dinamis hutan pantai. Dua blok didirikan di Parang Gedek (pantai barat) dan Podok Kobong (east coast). Penelitian ini rekor 40 jenis pohon di Parang Gedek Block, didominasi oleh budengan (Diopsyros javanica) andbrogondolo (Hernandia peltata). Sementara, di Pondok blok Kobong, 53 jenis pohon dicatat dan spesies dominan adalah jambu Klampok (Syzygiumjavanicum).

C. Hutan Mangrove

Hutan mangrove di Taman Nasional Alas Purwo dapat ditemukan di sekitar Segara Anak Sungai (± 860 Ha) dan Pangpang Bay (± 200 Ha). Ada 27 spesies mangrove dari 13 keluarga. Spesies yang paling dominan adalah Ceriops, Rhizophora dan, Bruguiera. Dua spesies mangrove di taman nasional ini, Ceriops decandra dan Scyphiphora hyrophyllacea, dianggap sebagai spesies langka.

Hutan mangrove di Segara Anakan diyakini sebagai ecosistem mangrove alami utuh di Pulau Jawa. pengelolaan hutan mangrove di daerah ini menjadi proyek percontohan pengelolaan hutan mangrove di Asia Tenggara, terutama bagi kehidupan masyarakat sekitar. Salah satu vilage dekat hutan, digunakan daerah ini untuk wisata alam yang terbatas.

D. Karst

Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu taman nasional, yang memiliki lanskap karst memanjang 30 km dari barat ke timur. Karst lanskap di taman nasional ini dianggap tengah Miosen, mirip dengan di bukit Gunungsewu. Penelitian sebelumnya yang dilakukan pada tahun 2012 tercatat beberapa mata air dan gua-gua. Beberapa fauna dapat ditemukan di gua-gua ini, kelelawar, kalacemeti (Amblypygia), jangkrik dan kecoak. Di bawah tanah River juga dapat ditemukan di Karst lanscape. Keberadaan ekosistem Karst sangat penting tidak hanya untuk nilai keanekaragaman hayati, tetapi juga sumber air bagi masyarakat sekitarnya.

2. Fauna

Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan konservasi, sebelumnya dikenal sebagai suaka margasatwa, memiliki nilai penting dalam konservasi satwa liar. Setidaknya 250 spesies fauna dicatat sampai saat ini, mis .: 51 spesies mamalia; 302 jenis burung, 48 jenis reptil, 15 jenis amfibi dan> 20 spesies ikan (Data dari Inventarisasi pada tahun 2014, lihat annexe). Spesies yang penting sebagai andalan dan menjadi prioritas dalam pengelolaan satwa liar adalah:

A. Banteng (Bos javanicus)

Banteng dianggap sebagai spesies kunci dan usaha konservasi telah dimulai sejak daerah itu merupakan suaka margasatwa. Sadengan, Payaman dan Pancur daerah ditetapkan sebagai feeding ground untuk banteng sejak tahun 1975, diikuti oleh budidaya rumput untuk diet utama mereka pada tahun 1979, seperti lamuran (Arundinella Setosa), lamuran menjangan (Dichantium caricosum), dan rumput Merakan (Andropogon contortus) , dimana bibit awalnya berasal dari Taman Nasional Baluran. Sejauh ini hanya Sadengan dikelola secara intensif sebagai dasar pemberian makan, sementara Payaman makan tanah kini sudah kembali ke daerah berhutan dan Pancur mencari makan ditunjuk sebagai camping ground.

B. Penyu

Ada empat jenis penyu bersarang di selatan dan pantai timur Taman Nasional Alas Purwo: penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas). manajemen penyu di Taman Nasional Alas Purwo mulai tahun 1983 melalui penyatuan telur dan penetasan semi alami di Marengan. Kegiatan penetasan telur semi alami diharapkan dapat meningkatkan persentase keberhasilan penetasan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh taman nasional yang gangguan yang ke telur penyu secara alami berasal dari predator seperti kadal, babi hutan dan macan tutul.

Gangguan yang relatif kecil dalam populasi, sebagai hasil dari upaya konservasi yang dilakukan oleh taman nasional, tidak selalu meningkatkan jumlah penyu mendarat dan bertelur-telur sekitar pantai Marengan. Hal ini ditunjukkan dengan fluktuasi pendaratan dan meletakkan telur kegiatan di sekitar pantai Pantai Marengan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 10 dan 11 di bawah ini. Sejumlah berfluktuasi dari pendaratan tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi habitat di tempat pendaratan tetapi juga oleh faktor eksternal selain dalam upaya konservasi in situ.

C. Macan tutul (Panthera pardus)

Macan tutul (Javan Leopard) adalah salah satu spesies yang membutuhkan perhatian khusus, karena keberadaannya dilaporkan telah menurun dengan cepat, terutama di daerah non-konservasi. Saat ini, keberadaan mereka di Taman Nasional Alas Purwo hanya dikenal dari pertemuan langsung atau tidak langsung.
Ancaman ke Jawa Leopard relatif tinggi. Dalam setahun terakhir ini, beberapa macan tutul perangkap ditemukan di taman nasional dan salah satu pemburu ilegal ditangkap. Hal ini diperkirakan bahwa perburuan liar jelas lebih tinggi.

D.Merak hijau (Pavo muticus)

Umumnya, populasi merak hijau di dunia cenderung menurun, sehingga perubahan kategori IUCN Red List dari rentan terhadap terancam punah. Sebaliknya, populasi merak hijau di Taman Nasional Alas Purwo cenderung meningkat. Hernowo (2011) menyatakan bahwa populasi merak hijau di Taman Nasional Alas Purwo cenderung meningkat selama tahun 1998 sampai tahun 2006, meskipun ada penurunan populasi pada tahun 2007. Selanjutnya, Yuniar (2007) menyatakan bahwa kelimpahan merak hijau di taman nasional meningkat oleh 80-81% (tahun 1997 dan 2004). Pertumbuhan penduduk jelas terlihat di taman nasional, seperti yang kita dapat dengan mudah menemukan mereka dari pinggiran ke bagian dalam hutan, terutama di Sadengan feeding ground dan sekitarnya. Merak penduduk hijau meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Sadengan, dengan populasi tertinggi (48 individu) diamati pada Juli 2011.

003538