MAB-Indonesia:

Mensinergikan Konservasi Keanekaragaman Hayati, Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Budaya Nusantara untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia.!

Dukung kegiatan pengelolaan kawasan cagar biosfer di Indonesia:

  • Create Account
You are here: Home Cagar Biosfer 10. Takabonerate-Kep. Selayar

Takabonerate-Kepulauan Selayar

Cagar Biosfer Takabonerate-Kepulauan Selayar

Wilayah Taka Bonerate yang menjadi wilayah inti yang diusulkan Takabonerate-Kepulauan Selayar Biosphere Reserve merupakan karang atol dengan luas 220.000 ha. Daerah ini merupakan atol terbesar di Asia Tenggara dan terumbu karang atol terbesar ketiga di dunia setelah atol Kwajalein di Kepulauan Marshall dan atol di Maldive Suvadiva. wilayah Taka Bonerate juga memiliki keanekaragaman hayati laut yang tinggi dan juga habitat bagi banyak spesies laut yang terancam punah dan dilindungi. Daerah ini merupakan daerah dengan seperti ekosistem pulau-pulau kecil yang khas seperti ekosistem pesisir, ekosistem mangrove, dan ekosistem laut dan menjadi kunci untuk pelestarian dan keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
cagar biosfer yang diusulkan ini memiliki potensi dan peluang untuk dikembangkan sebagai kawasan pembangunan berkelanjutan seperti potensi dan calon pulau-pulau kecil daerah berbasis obyek wisata, perikanan, kelautan dan pariwisata budaya. Untuk mengoptimalkan potensinya, maka perlu untuk mendukung pengembangan program-program seperti peningkatan fasilitas wisata dan infrastruktur (transportasi, akomodasi, promosi, dan sumber daya manusia). pengembangan sumber daya manusia, terutama orang-orang yang tinggal di daerah dan sekitarnya program pembangunan bisa mendukung dan meningkatkan kesadaran jasa ekosistem dengan mempromosikan kesadaran masyarakat untuk melestarikan dan menggunakan sumber daya laut secara berkelanjutan. Selain itu, komitmen dan dukungan dari pemerintah daerah, akademisi, lembaga lokal, nasional dan internasional, sektor swasta dan lain-lain yang diperlukan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah ini.


Namun, wilayah ini masih memiliki ancaman dan tekanan seperti pertumbuhan penduduk, eksploitasi yang merusak alam (praktek destructive fishing), degradasi / kerusakan kondisi lingkungan daerah, baik dari kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas manusia atau kerusakan alam akibat pemanasan global ( pemutihan dan erosi pantai), serta kurangnya kebijakan sinergis dikeluarkan oleh kebijakan pemerintah daerah dan pengelolaan konservasi. Beberapa faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman adalah titik awal di daerah rencana pembangunan yang ekonomis menguntungkan dan berkelanjutan secara ekologis. Untuk mencapai tujuan tersebut, multi stakeholder di daerah telah sepakat untuk menerapkan konsep cagar biosfer dalam pengelolaan daerah menjadi lebih menguntungkan dan berkelanjutan secara ekologis pada saat yang sama. Jadi wealthiness sumber daya laut, ekosistem dan keanekaragaman budaya akan tetap mempertahankan dan memiliki nilai yang lebih bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Daerah inti yang diusulkan Taka Bonerate-Kepulauan Selayar Biosphere Reserve yang terdiri dari 18 pulau-pulau kecil, 5 Bungin dan 30 taka yang tersebar untuk membentuk sebuah cincin / atol (TN Taka Bonerate, 2009). Ada 7 pulau terhambat secara yaitu: Tarupa Island, Rajuni Kecil Island, Rajuni Besar Island, Latondu Besar Island, Jinato Island, Pasitallu Tengah Islands, dan Pasitallu Timur Island. Pulau-pulau di Taka Bonerate dibentuk oleh terumbu karang tepi dan pulau pasir karang dengan ketinggian berkisar antara 2 m dpl. Taman Nasional Taka Bonerate daerah yang memiliki luas 530,765 ha dan daerah ini adalah pulau terbesar karang di Indonesia, dan bahkan Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia yang memiliki karang atol luas ± 220.000 ha. Taman Nasional Taka Bonerate merupakan kawasan terumbu karang yang ada di sebuah pantai yang dikelilingi oleh laut. Berdasarkan hasil 2008 Aster Gambar Interpretasi, luas hidup karang 10,029 ha, karang mati 8,559 ha, lamun dan makroalgae 19,748 ha, paparan pasir 20,381 ha, pulau / daratan 437 ha dan Bungin (pasir) 76 ha.


Usulan Taka Bonerate-Kepulauan Selayar Biosphere Reserve terletak di pusat segitiga karang dunia yang memiliki keanekaragaman tertinggi spesies karang di dunia. Kondisi ini menyebabkan peran penting dari Taka Bonerate-Kepulauan Selayar Biosphere Reserve dalam melestarikan spesies di dunia terumbu karang yang dapat ditemukan hanya di wilayah ini. Oleh karena itu, thereit harus menjadi daerah yang sangat dilindungi di wilayah inti yang diusulkan Taka Bonerate-Kepulauan Selayar Biosphere Reserve sehingga biota yang dapat berkembang secara alami.

kawasan konservasi yang disebut sebagai zona inti dan kelautan zona dilindungi yang memiliki wilayah akses terbatas. Fungsi wilayah ini adalah untuk melindungi flora dan fauna yang menjadi ciri khas daerah Taka Bonerate-Kepulauan Selayar Biosphere Reserve serta dapat berkembang habitat alami mereka. Di daerah ini, setiap kegiatan ekstraktif dilarang, misalnya memancing. Kegiatan resmi hanya untuk non ekstraktif, seperti fotografi dan menyelam.

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-fareast-language:EN-US;} Dalam segitiga terumbu karang ini tidak hanya memiliki tingkat tinggi keragaman, tetapi organisme lain yang terkait dengan terumbu karang juga memiliki tingkat tinggi keragaman. Salah satunya adalah spons dan sampai sekarang ada banyak spesies spons yang belum diidentifikasi. Oleh karena itu, konservasi spesies ini perlu dilakukan karena informasi biologi spons adalah unadequate. Meskipun spons beracun tetapi memiliki substrat aktif yang dapat bertindak sebagai obat, sehingga jika tidak terawat dengan baik maka orang akan kehilangan banyak obat potensial yang mungkin dapat menyembuhkan penyakit serius, yang hingga kini belum banyak diketahui.

 

003535

Your IP: 192.168.0.135
Server Time: 2017-11-25 07:36:06

Our Blog News

Find Us On

Contact Us

Head Office:

4th Fl Kusnoto Build, Jl. Juanda No. 18, Bogor 16002

Telephone:

(62) 251-8325854

Email:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.